Kamis, 04 Agustus 2011

MENGAPA PENTING BELAJAR MENYANYI

Tujuan:  Untuk memperoleh sebuah gambaran tentang: seni dan ilmu menyanyi, pengetahuan dasar tentang faktor yang mendukung keberhasilan dalam menyanyi, serta pembetukan sikap yang tepat.

Tujuan dari latihan dasar ini adalah untuk menyajikan fakta-fakta mengenai seni menyanyi yang diharapkan akan dapat dijadikan bimbingan bagi siswa-siswa yang mendalami pelajaran menyanyi. Dalam pembahasan ini terdapat informasi dasar yang diperlukan siswa agar mereka dapat mencapai kemajuan dalam bidang menyanyi dengan cara yang cepat dan aman.

APA ALASAN BELAJAR MENYANYI?

Akademi Pengajar Vokal Amerika telah membuat sebuah daftar mengenai 12 alasan mengapa seseorang mempelajari seni menyanyi.  Alasannya adalah sebagai berikut:

  1. Menyanyi dapat mengembangkan wawasan budaya melalui pemahaman dan cara berpikir orang lain;
  2. Memperkaya imajinasi;
  3. Meningkatkan intelegensi dan kebahagiaan;
  4. Meningkatkan kesehatan melalui teknik pernafasan yang benar;
  5. Meningkatkan kekuatan, kualitas, ketahanan dan ketepatan dalam berbicara;
  6. Meningkatkan daya ingat;
  7. Meningkatkan daya konsentrasi;
  8. Melepaskan emosi yang tertahan;
  9. Meningkatkan rasa percaya diri;
  10. Membentuk kepribadian yang menarik dan kualitas kepemimpinan;
  11. Merupakan pengembangan aset budaya;
  12. Memberikan kebahagiaan bagi diri siswa itu sendiri dan orang lain.
Dalam bukunya yang berjudul: “Music Education for High Schools”, Arthur E. Ward mengatakan bahwa seorang siswa tidak akan sia-sia dalam mempelajari seni menyanyi. Walaupun ia tidak pernah akan menjadi seorang penyanyi, siswa yang bersangkutan dapat memiliki tubuh yang sehat sebagai hasil dari studi menyanyinya. Hal ini disebabkan karena, untuk menghasilkan produksi nada yang baik diperlukan fisik yang baik, serta kesehatan yang kondusif. Siswa yang bersangkutan akan diajarkan bagaimana membentuk postur yang baik, cara mempergunakan otot-otot perutnya, mengembangkan tubuhnya, serta cara melakukan pengendalian nafas.

Alasan terpenting bagi siswa yang belajar vokal untuk tujuan mendapatkan sertifikat ataupun diploma seharusnya merupakan sesuatu yang datang dari kesenangan dan kepuasan. Apakah nantinya ia akan menjadi anggota paduan suara, ataupun menjadi solis. Pengetahuan mereka mengenai teknik dasar menyanyi dapat mereka terapkan dalam mengajar vokal ataupun sebagai konduktor paduan suara.


Apa yang Dilibatkan Dalam Pelajaran Menyanyi

Sebelum kita mendalami pelajaran menyanyi, ada baiknya kita melihat gambaran mengenai ilmu ini secara keseluruhan terlebih dahulu, agar kita dapat memahami dasar persyaratan yang dibutuhkan serta hal-hal yang harus diperhatikan sebelum meningkat dengan teknik menyanyi secara mendetail.


Sepuluh Tujuan Dasar Atau Prinsip Menyanyi

Apakah tujuan utama menyanyi, dan kemanakah tujuan tersebut akan mengarah? Tidak seorang siswapun dapat mengabaikan atau menyepelekan SEPULUH TUJUAN DASAR ATAU PRINSIP MENYANYI tanpa mengalami cidera dalam pelatihan menyanyinya, sementara kunci kebehasilan akan terus diterapkan secara bertahap serta terus mengalami perbaikan.

Setiap siswa yang menaruh minat pada pelajaran menyanyi harus memperhatikan dengan seksama kesepuluh tujuan dasar atau prinsip menyanyi ini, agar terhindar dari kerusakan pada alat-alat produksi suaranya. Kesepuluh Prinsip dalam Menyanyi tersebut adalah:

  1. Bentuklah sikap yang menunjukkan ketertarikan, keberminatan dan kepercayaan;
  2. Bentuklah kebiasaan latihan yang cerdas dan rutin;
  3. Bentuklah postur tubuh yang hidup, tegak dan mengembang;
  4. Bentuklah pengendalian nafas yang efisien dengan menggunakan teknik pernafasan yang benar;
  5. Bentuklah produksi nada yang bebas, hidup, ekspresif, efisien, sonor, dan merata;
  6. Bentuklah penguasaan diksi dengan benar, jelas dan indah;
  7. Bentuklah penguasaan teknik legato dengan baik;
  8. Bentuklah teknik menyanyi yang lincah dan fleksibel;
  9. Bentuklah penampilan panggung yang alami, anggun, tegap dan menarik;
  10. Bentuklah interpretasi yang sensitif, cerdas dan menggugah.

Pada akhir pelajaran menyanyi, kesembilan prinsip diatas akan mengacu pada prinsip ke-sepuluh, yaitu: pembentukan interpretasi yang ekspresif. Semua pelajaran menyanyi akan berujung pada: ekspresi harus mendapatkan penekanan pada awal maupun akhir pelajaran menyanyi.

 
SIAPA SAJA YANG DAPAT MENYANYI?

Siapa sajakah yang dapat menyanyi? Jawabannya adalah: Setiap orang yang memiliki suara untuk berbicara yang normal, dapat menyanyikan sebuah nada atau mempelajari cara menyanyi. Ini berarti bahwa hampir setiap orang dapat menyanyi. “Menyanyi bukanlah bakat yang dianugerahkan Tuhan kepada beberapa orang tertentu”. Menyanyi sangat mungkin dilakukan oleh orang yang memiliki suara yang dapat digunakan untuk bernyanyi. Mekanisme vokal untuk bernyanyi dan berbicara adalah sama. Faktanya adalah bahwa semua manusia normal memiliki instrumen vokal yang memadai untuk menghasilkan nada yang baik, tergantung pada pengetahuan dan cara penggunaannya. Jika dilatih dengan baik, seorang penyanyi akan mengalami peningkatan, baik dalam cara menyanyinya, maupun dalam cara berbicaranya.

Tentu saja beberapa orang dapat menyanyi lebih baik dari yang lainnya karena alam telah memberikan mereka bakat asli bermusik. Semakin banyak alam memberikan hal tersebut, semakin baik dan bebas instrumen mereka bekerja, dan mereka juga akan memiliki kepercayaan yang tinggi dalam menggunakannya.

Pengalaman telah menunjukkan bahwa sebagian besar tujuan pelajaran menyanyi bermuara pada superitas dalam menyanyi, dan bukan mengacu pada mematuhi hukum-hukum alam. Sebagian besar pengajar vokal menyetujui bahwa latar belakang menyanyi yang paling berharga terjadi di rumah dan pada saat awal memasuki sekolah. Pengalaman ini menjadi dasar bagi produksi nada yang bebas dan alami. Karena hampir setiap orang dapat menjadi seorang penyanyi yang kompeten, maka beberapa orang dari mereka pasti memiliki potensi untuk menjadi seorang solis yang baik, dan sejumlah orang dari para solis tersebut sudah tentu dapat menjadi seorang penyanyi yang ahli.

Anda maupun guru menyanyi anda tidak dapat menentukan kemampuan vokal anda dengan segera. Untuk itu, instrumen vokal anda harus terlebih dahulu dapat digunakan dengan bebas, serta dapat menghasilkan nada dengan baik. Jika anda memiliki kesulitan dalam menyanyikan sebuah nada, anda haruslah segera menyampaikan informasi tersebut kepada guru anda, sehingga ia dapat merencanakan langkah-langkah yang harus ditempuh untuk mempebaiki masalah tersebut.

Dilihat dari latar belakang musikalnya, seorang siswa vokal dapat disamakan dengan seorang insturmentalis. Seseorang dapat menjadi penyanyi yang baik jika ia mampu mengatasi hambatan-hambatan dalam belajar serta memperbaiki konsep kemampuan dirinya dalam menyanyi. Sejarah mencatat bahwa sebagian besar penyanyi-penyanyi tenar, pada awal studinya tidak memiliki kualitas suara yang istimewa.

Kesalahan dalam menilai potensi seseorang seringkali terjadi, terutama dalam hal menyanyi. Seorang instrumentalis pada umumnya cendrung untuk menilai kemampuan menyanyinya dengan kualitas bunyi yang dihasilkan oleh alat musik miliknya. Jangan lupa bahwa suara manusia juga merupakan sebuah instrumen musik yang juga memerlukan kepercayaan serta latihan yang rutin untuk mengembangkan teknik pengendalian terhadap otot-otot yang terlibat di dalamnya.

Walaupun suara manusia juga dapat dikatagorikan sebagai sebuah instrumen musik, namun keduanya memiliki perbedaan dalam hal struktur instrumennya. Seorang instrumentalis dapat menentukan kualitas instrumen yang akan dimilikinya, namun seorang penyanyi tidak dapat melakukan hal yang sama. Seorang penyanyi dapat saja memiliki struktur instrumen vokal yang bertaraf baik, menengah ataupun kurang baik, dan penyanyi yang bersangkutan tidak dapat melakukan sesuatu untuk memperbaiki struktur instrumen vokal yang ia miliki, tidak juga dengan latihan yang rutin.

Melakukan penilaian terhadap struktur instrumen vokal yang dimiliki oleh seseorang sangatlah sulit, bahkan seorang pengajar vokalpun tidak dapat menentukan hal ini secara akurat. Namun bagi siswa yang telah terlanjur memiliki sturktur instrumen yang kurang baik tidak perlu berputus asa, karena memiliki struktur instrumen vokal yang kurang baik tidak berarti ia akan memiliki cara menyanyi yang buruk. Sebuah biola yang murah masih dapat memukau pendengarnya jika ia dimainkan oleh seorang violis yang handal.

Dalam intrepretasi, faktor yang paling penting adalah musikalitas yang imajinatif serta kemampuan teknis dalam penguasaan fisik. Kedua subyek ini dapat dikembangkan dari awal studi. Suara yang tidak terdengar baik, terkadang dapat menjadi instrumen yang ekspresif dengan adanya resonansi yang cukup. Potensi setiap suara tidak dapat diperkirakan dengan akurat hingga seorang penyanyi dapat melapangkan dan membebaskan tenggorokannya serta dapat menciptakan kendali nafas yang baik.


MENYANYI ITU ALAMI DAN MENYENANGKAN

Menyanyi merupakan sebuah seni dan ilmu pengetahuan yang terkemas dalam dua aspek, yaitu mental dan fisik. Menyanyi juga merupakan  sebuah ekspresi alami dan artistik. Pada kenyataannya, bayi-bayi seringkali “menyanyikan” interval-interval atau nada-nada yang dapat dikenali sebelum ia dapat mengucapkan kata-kata. Menyanyi sama alaminya seperti berbicara, hanya saja huruf hidup didalam setiap kata mendapat perpanjangan durasi dan perubahan pitch. Peraturan utama dalam menyanyi adalah: “Menyanyilah dengan alami dan spontan seperti jika anda berbicara”.

Manusia pada umumnya menyukai berbagai bentuk ekspresi artistik dengan aksi kreatif. Musik seringkali disebut sebagai “Bahasa emosi”. Bentuk seni ini bagi sebagian besar orang lebih memiliki ekspresi artistik yang menghasilkan kepuasan yang besar dibandingkan dengan bentuk seni lainnya.. Menyanyi merupakan bentuk ekspresi musik yang paling pribadi. Selain itu, menyanyi juga memberikan sebuah wadah bagi jalur pengungkapan emosi bagi sebagian besar orang dibandingkan dengan yang diberikan oleh musik instrumental.

Setiap manusia “membawa” instrumen menyanyinya di dalam tubuhnya, sebagai bagian dari dirinya sendiri. Dan dalam hal ini, menyanyi memiliki tingkat ekspresi instrumen yang paling tinggi dari instrumen musik lainnya, karena instrumen menyanyi memiliki kontak yang lebih dekat dengan musik itu sendiri. Semua penyanyi ataupun instrumentalis sangat disarankan untuk belajar menyanyi, karena menyanyi merupakan dasar bagi ekspresi musikal dalam seni musik. Sebagian besar konduktor terkenal juga menyanyi, walaupun tidak terlalu baik. Dan dalam periode pelatihan orkestra, terkadang mereka harus memberi contoh dengan menyanyi.

Menyanyi, selain sebagai sebuah aksi artistik, juga selalu merupakan sebuah ekspresi kreatif. Salah satu kenikmatan terbesar dalam hidup adalah ekspresi kreatif. Hal tersebut merupakan sesuatu yang normal dan dorongan yang sangat kuat dalam diri seluruh umat manusia yang dapat menghasilkan kepuasan yang besar dalam bidang seni. Menyanyi sangat menyenangkan, baik secara artistik maupun secara fisik. Sebagian besar penyanyi yang ahli menyatakan bahwa menyanyi dengan benar akan menghasilkan kepuasan dalam mengendalikan dan membebaskan instrumen menyanyi seperti yang kita kehendaki. Percaya atau tidak, hal ini bahkan teraplikasi dalam latihan menyanyi sehari-hari. Semakin tinggi tingkat kemampuan seseorang dalam mengendalikan sesuatu, maka semakin tinggi kenikmatan yang dihasilkan.


SIKAP

PERINSIP PERTAMA DALAM BELAJAR MENYANYI ADALAH SEBUAH SIKAP YANG BERASAL DARI MINAT, SEMANGAT, KESENANGAN DAN KEPERCAYAAN DIRI. Sikap pada dasarnya merupakan faktor yang sangat penting dalam mempelajari vokal. Belajar menyanyi tidak dapat dilakukan tanpa dibarengi oleh kepercayaan diri dan kesenangan. “Sebuah aksi seni merupakan sebuah aksi cinta”.

Jika anda tidak memiliki sikap dan kepercayaan diri dalam menyanyi, maka seni dalam menyanyi tidak dapat dicapai. Berikut ini adalah 5 cara terpenting dalam menyanyi:

Menyadari bahwa siapa saja dapat menyanyi, menyanyi merupakan hal yang alami, dan menyanyi merupakan hal yang menyenangkan.
Meminimalisasikan ketakutan hingga ia tidak lagi merupakan hal yang mengganggu dalam menyanyi.
Memperkuat ekspresi dan konsentrasi dalam menghasilan kata yang alami dalam menyanyi seperti halnya dalam berbicara.
Memilih lagu-lagu yang pendek dan mudah untuk dinyanyikan pada tahap awal.
Berlatih lebih gigih untuk meningkatkan teknik dasar yang dibutuhkan untuk menimbulkan kepercayaan diri

Dalam belajar menyanyi, anda harus dapat merasakan bahwa alasan anda belajar untuk menjadi seorang penyanyi yang kompeten (dengan suara yang bebas, alami dan bervibrasi), karena anda mencintai seni menyanyi ini. Dengan menyadari bahwa dengan menyanyi anda dapat mengembangkan kekuatan ekspresi, suara bicara, kesehatan, penampilan, serta kepribadian anda.

Tidaklah penting, apakah nantinya anda akan menjadi seorang penyanyi yang hebat atau tidak. Hal tersebut tidaklah sebanding dengan hasil yang akan anda dapat dari pelajaran menyanyi yang antara lain: anda dapat menjadi seseorang yang lebih baik dari sebelumnya, sensitif, memiliki pengertian, pemahaman serta apresiasi dalam keindahan artistik dan kehidupan umat manusia. Pelajaran menyanyi dapat selalu diandalkan dalam memberikan kontribusi yang besar dalam mencapai tujuan tertinggi dari pendidikan.


(Disadur dari buku: "FOUNDATIONS IN SINGING" - Van A. Christy) oleh Charles Nasution

Tidak ada komentar: